Gandeng PJK3, BPBD Kota Batu Tingkatkan Kompetensi

Tim BPBD Kota Batu mengikuti pelatihan Tenaga Kerja pada Ketinggian (TKPK) Level 1 di Posko BPBD Jl. Raya Punten, Punten, Bumiaji, Kota Batu, Minggu (24/3).

MALANGVOICE – Guna meningkatkan ketrampilan dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) relawan dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi korban bencana, BPBD Kota Batu bekerjasama dengan Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3). Pelatihan itu digelar di Jalan Raya Punten,Desa Punten, Bumiaji, Kota Batu, Minggu (24/3).

Hal itu dikatakan satu anggota PJK3, Muhammad Huda jika kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bagi anggota BPBD sesuai Permen Ketenagakerjaan No 9 Tahun 2016 yang mana harus memiliki lisensi.

BNN Kota Malang

“Siapa saja bisa melakukan penyelamatan dan bisa mengoperasionalkan alat-alat. Namun, tetap harus memiliki pembuktian yang menunjukkan jika orang itu benar-benar sudah teruji,” ujarnya.

“Yang dimaksud benar di sini ialah sesuai prosedur. Artinya, alat yang digunakan serta personelnya. Karena ketika menyelamatkan korban yang berada pada ketinggian tidak hanya satu dua orang saja. Juga ada yang harus standby di bawah,” imbuhnya.

Dalam teknisnya peserta diajari menggunakan alat-alat pada ketinggian. Seperti tali karmantel, descender, ascendare, mobile fall arester, dan lainnya. Dan ketika latihan peserta dilatih melakukan penyelamatan pada ketinggian 6 meter. Sebelum pada akhirnya mereka akan diuji untuk mendapatkan lisensi.

“Agar ketika mereka melakukan evakuasi korban yang berada pada ketinggian bisa dilakukan dengan benar,” tandasnya

Sehingga, kedepan tersedia tenaga relawan atau tenaga kebencanaan yang mampu dan teruji dan tidak mengenal batas administrasi dalam penanggulangan bencana.

Menurutnya di Kota Batu perlu memiliki tenaga yang berlisensi, karena memiliki tempat wisata beresiko terjadi bencana. Seperti wisata buatan dan wisata alam. Dan Kota Batu berada di daerah dekat dengan gunung.(Hmz/Aka)