Jembatan Penghubung Dua Kampung Putus, Warga Harus Memutar 2 Kilometer

DPUBM Segera Bangun Ulang Jembatan Putus di Pagak

Kondisi jembatan putus. (Istimewa)

MALANGVOICE – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang segera melakukan perbaikan jembatan di Dusun Krajan, Desa Sumbermanjing Kulon, Pagak yang rusak akibat diterjang hujan deras beberapa waktu lalu.

Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni mengatakan, pihaknya akan membangun kembali jembatan tersebut dalam waktu dekat. Tujuannya, agar aktivitas masyarakat bisa kembali normal.

“Tahun 2019 ini kita programkan untuk kita bangun kembali. Saat ini lagi di desain. Untuk besaran anggarannya ada, kurang dari 1 miliar,” ungkapnya, saat ditemui awak media di Ruang Anusopati, usai mengikuti Penandatanganan Perjanjian Kinerja, Senin (28/1).

Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni. (Istimewa)

Anggaran tersebut, lanjut Romdhoni, bisa diambilkan dari anggaran darurat seperti yang diintruksikan oleh Plt Bupati Malang HM Sanusi.

“Jika mengambil anggaran darurat, sangat memungkinkan. Kurang kebutuhan untuk pembangunan kembali jembatan menghabiskan sekitar Rp. 800 sampai 900 juta. Kalau anggaran (darurat) yang disediakan 5 miliar,” jelasnya.

Akan tetapi, tambah Romdhoni, selama jembatan tersebut tidak dapat diakses, masyarakat diarahkan untuk melewati jalur alternatif.

Seperti diberitakan sebelumnya, jembatan penghubung dua kampung di Dusun Krajan itu sendiri baru selesai dibangun pada 2015 lalu. Jembatan sepanjang 50 meter tersebut putus karena diterjang aliran sungai yang sangat deras saat hujan mengguyur wilayah setempat.

Akibatnya, warga di RT 20 dan 12 terpaksa harus memutar sejauh 2 kilometer bila berpergian. (Hmz/Ulm)