DPMPTPST Akan Kirim Tim Teknis untuk Mengkaji Wisata Sumber Jombok

Audiensi DPMPTPST bersama DLH dengan Front Sumberejo bersama MCW da Arek Jombok. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Selisih kepentingan antar warga Sumber Rejo atas pembangunan Wisata Sumber Jombok ditengahi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Selasa (17/11).

Selisih kepentingan itu berasal dari warga yang menolak pembangunan Wisata Sumber Jombok atas nama Front Sumberejo. Dan yang menolak atas nama Arek Jombok (Arjom).

Penengahan itu dilakukan dengan audiensi bersama Front Sumberejo bersama Malang Corruption Watch (MCW) dan Arjom. Hal itu dilakukan untuk membahas apakah pembangunan Wisata Sumber Jombok bisa dilanjutkan atau tidak.

“Wisata Sumber Jombok ini dibangun oleh warga di danai investor untuk kemajuan desa,” jelas Sukendri. Ia tidak mengerti mengapa tiba-tiba ada penolakan yang langsung melapor ke Pemkot Batu.

“Karena permintaan untuk dibuatkan kolam itu datang dari warga,” tambah Sukendri. Setelah dibuatkan kolam, yang menolak itu yang pertama kali menggagas untuk dibuatkan kolam.

Saat ini pembangunan Wisata Sumber Jombok dihentikan sementara karena tidak memiliki izin. “Karena yang membangun ini warga jadi tidak paham masalah perizinan,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala DPMPTSP, Muji Dwi Leksono mengatakan bahwa dalam audiensi telah ada kesepahaman antar pihak. “Kita akan mengirim tim teknis untuk melakukan kajian terhadap sumber jombok,” katanya.

“Kita harus melihat beberapa faktor, yaitu kebermanfaatan dan pemberdayaan bagi masyarakat,” jelasnya. Ia mengatakan bahwa hal itu harus terpenuhi telebih dahulu.

Namun, Muji mengatakan bahwa pembangunan itu dapat dilanjutkan setelah tim teknis melakukan kajian. “Kita harus lihat posisinya di mana, apakah harus dilakukan AMDAL,” lanjutnya.

Muji mengatakan bahwa setelah melakukan kajian bersama DLH maka bisa diputuskan lanjut atau tidak. “Kita harus melihat apakah fungsi sumber masih berjalan sebagai air minum dan irigasi,” tandasnya.

Saat ini pembangunan Wisata Sumber Jombok masih diberhentikan sementara. Dan izin pembangunan masih dalam proses.(der)