Direktorat Belmawa bersama Rektor UM Resmikan KMHE 2019

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019. (Lisdya)
Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019. (Lisdya)

MALANGVOICE – Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti, Didin Wahyudin membuka secara resmi Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negri Malang (UM).

Didin mengatakan, dalam kontes ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa mahasiswi untuk terus menciptakan mobil hemat energi. Selain itu, kontes ini juga menguji kreativitas mahasiswa Indonesia.

BNN Kota Malang

“Banyak aspek yang dapat dipelajari mahasiswa dalam mengikuti kontes tingkat nasional salah satunya menciptakan mobil yang ramah akan lingkungan dan menyatu dengan masyarakat. Ini juga mendorong mahasiswa untuk dapat berperan aktif dalam menjaga kesinambungan dan ketahanan energi nasional,” ujarnya saat memberi sambutan di KMHE 2019, Selasa (24/9).

Pada tahun ini, KMHE dibagi menjadi dua kategori, yakni kendaraan prototype dan urban concept. Kontes ini dibagi lomba yang didesain khusus dan kendaraan roda empat.

“Ini juga sebuah kolaborasi dari berbagai unsur guna pengembangan teknologi. Kami dari Kemenristekdikti membuat kebijakan ini dan menyiapkan insan akademik sehingga kedepanya muncul generasi Indonesia yang hebat,” paparnya.

Sementara itu, Rektor UM, Rofiuddin turut mendukung kontes mobil hemat energi ini. “Kami sebagai tuan rumah akan memberikan fasilitas dan kenyamanan selama kegiatan berlangsung,” katanya.

Bahkan, ke depannya, kontes ini bisa saja menjadi tiket mahasiswa ke tingkat internasional dalam lomba serupa. “Bisa jadi jangka panjang dari kompetisi mahasiswa untuk mendesain dan membuat kendaraan yang hemat energi serta ramah lingkungan, minimal kendaraan karya mahasiswa ini bisa dijadikan transportasi internal dilingkungan kampus,” tandasnya.(Der/Aka)