Dinkes Kota Malang Bakal Tambah Satu Unit Ambulans PSC 119

Unit ambulance PSC 119. (Lisdya)
Unit ambulance PSC 119. (Lisdya)

MALANGVOICE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang berencana akan menambah satu unit ambulans gratis untuk Public Safety Center (PSC) 119.

Penambahan itu dikarenakan semakin banyaknya laporan masyarakat terkait kebutuhan ambulans.

“Ada penambahan satu unit dan layanannya 24 jam dan gratis, siap sama sopirnya. Kami sudah merencakan, dan sudah di Acc sama Pemkot Malang,” ujar Kasi Pelayanan Rujukan, Dinas Kesehatan Kota Malang, Wahyu.

BNN Kota Malang

Ia pun mengatakan, pihaknya akan terus menambah ambulans baru untuk operasional agar lebih cepat menangani masyarakat di Kota Malang yang membutuhkan.

“PSC itu kan ambulansnya ada tiga, nanti kemungkinan nambah lagi, ancang ancang ke depan nanti masyarakat kan tambah banyak, apalagi waktu weekend yang ke Malang banyak,” tegasnya.

Perlu diketahui, PSC 119 merupakan sebuah pelayanan publik yang menangani berbagai kebutuhan mendesak masyarakat di Kota Malang seperti pasien kecelakaan di jalan maupun ibu melahirkan.

Selain itu, awal dibentuknya PSC dikarenakan ada sekelompok relawan yang menjalankan dua ambulance bekas dinas dari Dinas Kesehatan. Kemudian Dinas Kesehatan mulai merangkul para relawan tersebut.

“Kemudian, Dinas Kesehatan yang merangkul kami untuk masuk PSC, serta membiayai dan memfasilitasinya,” jelas Korlap PSC 119, Dhana Setiawan.

Kemudian, PSC 119 terdiri dari beberapa personel yang tergabung, yakni enam driver, dua perawat dan satu bidan.

“Kami yakin mampu membantu masyarakat Kota Malang,” pungkasnya.(Der/Aka)