Mahasiswa UMM Tersesat di Gua

Dimpa UMM Tak Izin Polsek Sebelum Caving

Lokasi gua yang jadi venue caving Dimpa UMM (foto: Polsek Donomulyo)
Lokasi gua yang jadi venue caving Dimpa UMM (foto: Polsek Donomulyo)

MALANGVOICE – Tersesatnya enam anggota Divisi Mahasiwa Pecinta Alam (Dimpa) UMM di Gua Lo dan Bangi, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang masih menyisakan cerita.

Seperti diberitakan sebelumnya, enam mahasiswa dikabarkan tersesat di gua sejak Sabtu (5/3) ketika berkegiatan diklat lanjutan.

Sebelum melakukan kegiatan penelusuran gua atau caving, Dimpa UMM tidak izin kepada desa atau Polsek Donomulyo.

“Tidak izin ke kami, kami malah tidak tahu jika ada kegiatan caving di gua,” kata Kapolsek Donomulyo, AKP Sardikan kepada Mvoice, Rabu (8/3).

Sardikan menjelaskan, sudah empat kali mereka melakukan kegiatan caving semacam itu. Namun tidak satupun izin kepada pihak terkait, bahkan melaporkan nama peserta giat saja tidak.

“Kami baru tahu kalau mereka sudah beberapa kali caving di sana saat ada kabar enam mahasiswa tersesat. Jika kabar itu tidak mencuat mungkin kami tidak akan tahu,” imbuh dia.

Sardikan mengaku mendapatkan kabar ada enam mahasiswa yang tersesat di dalam gua, dari informasi yang diberikan oleh Wakapolres Malang, Kompol Decky Hermansyah.

“Saya ditelpon Pak Wakapolres, diminta mengecek. Saya sendiri malah tidak tahu karena tidak ada laporan di desa dan Polsek,” beber dia.

Dia menyarankan, sebaiknya, jika ada pihak yang melakukan kegiatan semacam ini, juga memberikan laporan ke desa atau Polsek.

Sardikan juga mengimbau agar segala bentuk kegiatan di alam seperti gunung atau pantai dan laut, juga memberikan laporan ke pihak desa atau Polsek.

“Harusnya ada laporan siapa saja yang masuk (ke gua). Data meliputi nama, alamat, asalnya dari mana itu dilaporkan kepada kami. Takutnya terjadi sesuatu yang buruk,” imbuh Sardikan.

Dia bersyukur, enam mahasiswa yang dikabarkan tersesat itu dapat kembali selamat, walaupun keluar dalam kondisi lemas dan pusing.

“Karena kekurangan oksigen saja. Untung tidak ada hal buruk yang terjadi,” tegas dia.

Sementara itu, korlap kegiatan caving Dimpa UMM, Marga Gandi, mengakui, mereka memang tidak izin kepada Polsek Donomulyo.

“Iya, kami hanya izin ke yang punya rumah saja,” kata dia.

Baca Juga
Enam Mahasiswa UMM Tersesat di Gua Bangi
Ini Tujuan Enam Mahasiswa UMM yang Tersesat di Gua Bangi
Butuh Empat Jam untuk Bisa Keluar Dari Gua Bangi