Diduga Korsleting, Rumah di Kota Batu Hangus Terbakar

Petugas gabungan BPBD Kota Batu dan DPK Kota Batu di TKP kebarakan rumah Jalan Suropati, Jumat (19/10). (Pusdalops BPBD Kota Batu)

MALANGVOICE – Warga Desa Pesanggrahan Kota Batu digegerkan peristiwa kebakaran, Jumat siang (19/10). Si jago merah melalap rumah milik Sunardi di Jalan Suropati No. 172 sekitar pukul 11.15 WIB.

Beruntung api cepat dipadamkan. Jika tidak bisa saja merembet ke rumah warga lain yang memang wilayahnya padat pemukiman tersebut. Pemadaman api terlebih dahulu dilakukan warga sekitar bergotong royong dengan alat seadanya.

Beberapa menit kemudian, petugas dari Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu melakukan pembasahan guna memastikan api benar -benar telah padam.

Kepala Bidang Operasional Kebakaran DPK Kota Batu Santoso Wardoyo mengungkapkan, dari hasil investigasi sementara kebakaran diduga akibat over load pada stop kontak di bagian ruang dapur rumah. Persisnya, pada stop kontak terlalu banyak digunakan untuk sambungan atau instalasi, seperti lemari es, televisi, hingga sound sistem.

“Akibat over load instalasi listrik itu kemudian panas, korsleting dan terbakar,” jelas Santoso kepada awak media.

Beruntung peristiwa ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Pihaknya menaksir kerugian material sekitar Rp 50 juta. Yakni atap dapur dan perabotan dapur yang hangus terbakar. Sedangkan dimensi yang terbakar sekitar 3×4 meter.

Sementara itu, BPBD Kota Batu turut memberikan bantuan kepada korban kebakaran. Diantaranya kebutuhan logistik, seperti selimut, terpal, beras dan kebutuhan pokok lainnya. (Hmz/Ulm)