Dibanding SMK, Gus Ipul: Pelaksanaan UNBK SMA Lancar

Wakil Gubernur Jatim, Saifulah Yusuf, memberikan motivasi kepada para siswa. (Muhammad Choirul)
Wakil Gubernur Jatim, Saifulah Yusuf, memberikan motivasi kepada para siswa. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Memasuki hari ke-2, Selasa (11/4) hari ini, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA terbilang lancar. Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Saifulah Yusuf, saat berkunjung di Kota Malang.

Dalam pemantauan terhadap tiga sekolah, yakni SMAN 1, SMAN 3, dan SMAN 4 itu, Saifulah Yusuf mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan adanya permasalahan baik secara teknis maupun aspek lain.

“Secara umum lancar, mudah-mudahan tidak ada masalah sampai selesai,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Ipul itu.

BNN Kota Malang

Pelaksanaan UNBK SMA juga jauh lebih baik, jika dibandingkan UNBK SMK yang berlangsung pekan lalu. Dia menyebut, beberapa kendala terjadi sehingga membuat banyak siswa SMK harus mengulang UNBK.

“Kemarin di SMK ada salah input soal ujian. Dari 142 jurusan ada 10 jurusan mendapat soal yang seharusnya dikerjakan jurusan lain,” sesalnya.

Banyaknya siswa SMK yang harus mengulang, ditegaskan Gus Ipul, bukan karena rendahnya kemampuan, melainkan disebabkan kesalahan pada sistem komputer.

Baca juga: Gus Ipul Pantau Pelaksanaan UNBK di Kota Malang

Salah seorang siswa SMAN 3, M Farel Alzaina, juga sempat berbincang dengan Gus Ipul perihal pelaksanaan UNBK. Dia mengaku tidak terlalu kesulitan mengerjakan soal ujian.

“Sudah sering simulasi, sehingga secara teknis lancar. Mudah-mudahan hasilnya maksimal dan saya bisa melanjutkan kuliah di UGM,” kata Koordinator OSIS Kota Malang itu.