Di Ajang IYRA, Tim Turbo SMK Mutu Gondanglegi Raih Medali Perak

Tim Turbo SMK Mutu Gondanglegi meraih medali perak ajang IYRA 2017 di Malaysia. (Istimewa)

MALANGVOICE – Persaingan ketat dan adu gengsi terjadi pada International Youth Robotic Assosiation (IYRA) Genting High Land Malaysia (25/8). Tim Robotik SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (Turbo), mampu menumbangkan dominasi dari tim unggulan robotik dunia, seperti: Jepang, Amerika, Rusia, China, dan Australia.

Di ajang kompetisi robotik bergengsi anak-anak muda itu, Tim Turbo SMK Mutu Gondanglegi mampu mempersembahkan medali perak di bidang Maker Challenge. Yaitu robot kotak hitam (black box) seperti di pesawat terbang. Fungsinya jika terjadi kecelakaan atau musibah, maka black box itu merekam peristiwa atau kejadian.

“Keberadaan pesawat ini sangat membantu petugas dalam melakukan investigasi,” kata Ketua tim Turbo, Martono ST.

BNN Kota Malang
Tim Turbo SMK Mutu Gondanglegi meraih medali perak ajang IYRA 2017 di Malaysia. (Istimewa)

Juara satu diraih tim robotik Korea Selatan dan juara tiga diambil tim tuan rumah Malaysia. Tim Turbo SMK Mutu Gondanglegi yang juga digawangi Dava Ananda dan Teguh Satrio Wicaksono (XI OTR), sempat dipandang sebelah mata.

“Kondisi ini yang memacu kami dan tim untuk tampil habis-habisan. Ini harkat dan martabat bangsa, kami beri yang terbaik untuk Indonesia yang merayakan HUT ke-72 RI, Alhamdulillah akhirnya juara,”
sambung Martono.

Perlu diketahui IYRA 2017 di Malaysia, diikuti 450 peserta. Berasal dari 20 negara yang kesohor dengan kecanggihan robotik-nya, seperti: Amerika, China, Kanada, Taiwan, Singapore, Australia, Azarbaijan, Rusia, Thailand, India, Brazil, Korea, Jepang, Malaysia dan Indonesia.

Lomba yang dipertandingkan antara lain, robot creative senior, volly sport, maker challenge, dan mission coding senior. Selama tiga hari lomba robotik bergengsi tingkat dunia ini berlangsung ketat, sengit dan prestice. Mereka membawa nama besar negara masing-masing.

Bagi Tim Turbo SMK Mutu Gondanglegi, prestasi yang diperoleh merupakan yang kesekian kali-nya di ajang internasional. Hal itu menambah panjang deretan prestasi bergengsi tingkat dunia. Kemenangan ini, sekaligus persiapan dan pemanasan untuk berlaga di kontes robotik dunia di bulan November 2017 di Tokyo Jepang.(Der/Yei)