Dewanti Tuntaskan Formatur Mutasi Jabatan

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Mutasi di tubuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batu segera digelar. Sebab, tim asesmen telah merampungkan tugasnya.

Kini, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko hanya tinggal bertemu Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Sekretaris Daerah (Sekda) Zadiem Effisiensi.

“Assessment atau uji kelayakan slsesai. Formasi penataan mutasi juga sudah selesai tinggal finishing akhir. Tinggal mempertemukan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batu Zadiem Affesiensi. Karena memang, kemarin (Kamis) masih berada di luar kota,” kata Dewanti, Jumat (26/10).

BNN Kota Malang

Setelah bertemu dengan dua pejabat tersebut, dewanti tinggal mengumumkannya. Namun, diakui proses asesmen dan penyusunan formatur mutasi jabatan lama akibat regulasi.

“Mulai dari proses asesmen, pembentukan panitia seleksi. Lalu harus ke kantor pusat untuk melaporkan. Dulu saja tidak seperti ini, ya ini membuat lama,” jelas peremuan penyuka kain batik ini.

Dewanti menambahkan, mutasi jabatan OPD penting dilakukan karena ada beberapa posisi yang tidak tepat pada kompetensi OPD tersebut.

Sebelumnya rangkaian uji kompetensi yang sudah diikuti oleh sejumlah 14 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Batu. Mulai uji kompetensi di Surabaya, hingga tes wawancara yang dilakukan oleh tim panitia selekai (pansel).

Peserta asesmen itu diantaranya, Abu Sufyan Asisten Pemkot Batu yang saat ini merangkap menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu. Chairul Sjarif Tartila yang saat ini menjabat sebagai Assisten Pemkot Batu. Himpun Kepala Dinas pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Lainnya Susetya Herawan Kepala Dinas Perhubungan. Balok Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu. Lalu Ahmad Rudianto dan Erwan Pujawiyatno keduanya adalah Staf Ahli Pemkot Batu.

Lalu ada Bambang Kuncoro Kepala Dinas Sosial. Endang Triningsih Asisten Pemkot Batu. Edy Murtono Inspektur Pemkot Batu. Arif Setiawan Kepala Dinas Cipta Karya Kota Batu.

Selanjutnya Arief As Siddiq Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Siswanto Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu. Eny Rachyuningsih Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSTPT) Kota Batu sekaligus Plt Dinas Pendidikan.

“Meskipun nantinya dilakukan rotasi jabatan tidak menutup kemungkinan masih ada pejabat yang menjabat dua jabatan. Sebab ada beberapa OPD yang masih kosong dan digantikan dengan pelaksana tugas (Plt). Tergantung pada kemampuan ASN ini,” pungkasnya.

Perlu diketahui, jabatan yang kosong seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).
(Hmz/Ulm)