Dana Cukai Hanya Terserap 2 Persen

Dyah Lies

MALANGVOICE – Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kota Batu, Dyah Lies, mengatakan pihaknya akan mengadakan asistensi terhadap SKPD pengguna cukai.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang akan diminta ikut asistensi tersebut adalah Disperindag, Humas, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Ekbang, dan BPKD.

“Kita harus maksimalkan dana cukai karena dana cukai kan dari pusat. Pemakaiannya memang belum maksimal karena harus sesuai dengan petunjuk teknis,” kata Dyah kepada wartawan usai Coffee Morning, Senin (3/8) pagi.

BNN Kota Malang

Adapun penyerapan dana cukai tiap tahunnya, kata Dyah, sangat kecil. Hingga Semester I tahun 2015 baru terserap 2 persen. “Kita kesulitan penggunaannya karena dana ini kan beda dengan bloggrant kan bebas, kalau dana cukai ada pembatasan sesuai PMK 84 sama PMK 20,” ungkap Dyah.

Solusi adanya pemanfaatan dana yang kurang inilah akhirnya pihaknya mengadakan asistensi pada tanggal 11 Agustus nanti.

Menurut Dyah, SKPD yang menggunakan dana cukai selama ini takut dan terkekang karena tidak tahu penggunaannya, padahal dana cukai banyak.

“Kita mendatangkan narasumber dari Biro Perekonomian karena dia yang menangani seluruh pemda, pemkab, pemkot se Jawa Timur, dengan harapan SKPD ada referensi mengenai penggunaan dana tersebut,” tandasnya.