Cinta Bus, Pria Ini Sukses Berbisnis Miniatur Bus

Bus Damri Replika Miniatur Bus
Bus Damri Replika Miniatur Bus
Article top ad

MALANGVOICE – Hobi tidak selalu harus menghabiskan uang, sebaliknya hobi yang dimiliki warga Batu ini malah menghasilkan rejeki dan kini menjadi mata pencahariannya.

Ialah Mohammad Irfan warga Jalan Arjuno 36 Kota Batu hobi membuat replika atau miniatur armada transportasi darat.

Irfan mengaku sudah menggemari bus sejak tahun 80’an semasa Sekolah Menengah Atas. Kecintaanya terhadap bus membuatnya serius menekuni usahanya saat ini. Sejak kecil dia menekuni hobinya, namun dengan perangkat dan bahan seadanya.

Interior bus buatan Irfan
Interior bus buatan Irfan

Saking cintanya, Irfan bahkan sampai paham detail dari masing masing tipe bus dari berbagai jenis dan merek.

“Karena biasanya kalau penggemar itu bisa sampai paham tentang lekuk bodi dari bus, susunan bangku, lampu, kaca dan sebagainya. Mesin juga rata-rata paham jadi kurang lebih yang dibuat di sini mencapai 80 persen, kemiripannya dengan yang aslinya.“ ujar Irfan.

Dalam membuat replika Irfan membuat dengan Skala 1: 40, 1: 12 dan sebagainya. Satu buah replika bus jenis Antar Kota Dalam Provinsi bisa dihargai senilai Rp1.3 jiya dan berlangsung kelipatannya tergantung ukuran dan tingkat kerumitan dari bus tersebut.

Detail interior bis penting karena untuk tiap bus juga beda. Umumnya peminat suka yang tahun 2000-an kebawah karena selain klasik sudah tidak ada yang produksi lagi.

“Biasanya yang suka itu komunita pencinta bus. Mereka mengabadikan momen atau kenangan mereka saat naik bus Antar Kota Dalam Provinsi,“ tutupnya,