Cabor SAMBO Diyakini Dapat Berkembang Di Kabupaten Malang

Ketum Sambo Kabupaten Malang, Sulastiman (Kiri) saat menerima SK Kepengurusan Sambo. (istimewa).

MALANGVOICE – Cabang Olahraga (Cabor) Samozashchita Bez Oruzhiya (SAMBO) di Kabupaten Malang terbilang baru. SAMBO sendiri merupakan olahraga (Sport) beladiri berintikan gerakan bantingan yang diciptakan dari modifikasi seni beladiri Judo.

Ketua umum Sambo Kabupaten Malang Sulastiman mengatakan, olahraga SAMBO ini merupakan olahraga yang memiliki kesamaan dengan olahraga gulat.

“Teknik SAMBO memang serupa dengan yang digunakan di gulat, cuma berbeda di pakaiannya, makanya kami (Gulat) tertarik,” ucapnya, saat dihubungi, Kamis (11/3).

Menurut Timan (Sapaan akrabnya), dalam olahraga SAMBO tersebut kompetisinya lebih bagus ketimbang yang lainnya.

“Dalam sambo sendiri terdapat dua kategori, yakni sport dan combat. Dalam perolehan angka pun sama, dihitung berdasarkan bantingan dan kuncian yang dilakukan selama laga,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Timan, dirinya optimistis SAMBO di Kabupaten Malang dapat berkembang, karena sambo juga mengadopsi teknik bantingan dan kuncian yang bisa ditemukan di gulat ataupun judo.

“Memang belum banyak yang mengenal olahraga Sambo ini. Tapi, saya optimis bisa mengembangkan bibit atlet muda agar dapat meraih prestasi melebih,” terangnya.

Apalagi, tambah Timan, jika bermodal dari teknik-teknik gulat, diyakini akan dapat menguasai Sambo dengan baik.

“Para atlet gulat jika berpindah ke Sambo hanyalah tinggal mematangkan tekniknya saja,” tegasnya.(end)

article bottom ad