Bupati Malang Tinjau dan Beri Bantuan Korban Puting Beliung Jabung

Bupati Malang HM Sanusi saat meninjau lokasi terjadinya puting beliung. (Toski D)
Bupati Malang HM Sanusi saat meninjau lokasi terjadinya puting beliung. (Toski D)

MALANGVOICE – Bupati Maalng HM Sanusi meninjau langsung lokasi kejadian serta memberikan bantuan kepada para korban puting beliung, di Dusun Jatiarjo, Desa Gunungjati, Jabung, Selasa (3/12).

Melihat hal ini Sanusi menyampaikan ucapan bela sungkawa atas musibah yang terjadi pada masyarakat Dusun Jatiarjo, Desa Gunungjati, Jabung. Bencana alam tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Oleh sebab itu, pihaknya selalu siap siaga kapanpun bencana terjadi.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang saya mengucapkan bela sungkawa, semoga para keluarga yang terkena musibah diberikan kesabaran dan kekuatan. Karena kapan datangnya musibah setiap orang tidak pernah tahu. BPBD nanti yang nangani karena anggaran bencana alam itu kan melekat di BPBD,” ungkapnya, saat ditemui awak media disela-sela kegiatan meninjau korban puting beliung.

BNN Kota Malang

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Malang, lanjut Sanusi, sejauh ini anggaran kedaruratan yang sudah terserap sekitar Rp 700 juta dari total Rp 1 miliar. Sedangkan anggaran cadangan lain yang berada di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) masih utuh, yaitu sebesar Rp 5 miliar.

“Segera ini di itung, diselesaikan. Coba dibantu semua, ditangani yang kerusakan semua,” tegasnya.

Untuk itu, tambah Sanusi, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, karena bencana alam datangnya tidak bisa diprediksi.

“Kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Malang supaya waspada, semua kecamatan berpotensi karena tidak bisa ditebak datangnya dimana,” tandasnya.

Sekedar diketahui, bencana puting beliung di Dusun Jatiarjo, Desa Gunungjati, Jabung ini, sedikitnya 59 rumah mengalami kerusakan.

Dari total rumah yang terdampak tersebut, 12 rumah mengalami rusak berat, 6 rumah rusak sedang, dan 41 rumah rusak ringan. (Der/ulm)