Bulan Suro, Ratusan Pusaka Dijamas di Taman Wendit

Jamasan pusaka. (Anja Arowana)
Article top ad

MALANGVOICE – Memasuki bulan Jawa Suro, ratusan pusaka dijamas oleh paguyupan Surya Aji di Karangploso, Kabupaten Malang. Jamasan pusaka digelar dalam dua sesi. Yaitu mulai 2-5 Oktober di sanggar paguyupan Surya Aji di Karangploso dan dilanjutkan tanggal 15 Oktober mendatang di Taman Wisata Mendit, Pakis, Malang.

“Total Pusaka yang dijamas atau dicuci ada 800 pusaka. Bisa jadi jumlah ini akan terus bertambah hingga 1000 pusaka nantinya karena banyak warga yang juga menitipkan pusakanya untuk dijamas. Ini gratis,” kata perwakilan paguyuban, Bondhan Rio, kepada MVoice, Kamis (5/10).

Jamasan pusaka ini merupakan agenda tahunan masyarakat peduli wisata wendit Malang. Jamasan pusaka ini bertujuan untuk membersihkan pusaka-pusaka yang menjadi koleksi warga Malang.

Proses jamasan Pusaka. (Anja Arowana)

Menjamas pusaka adalah proses merawat dan menjaga pusaka hingga tetap bebas dari karat hingga terjaga dari kerusakan. Proses merawat pusaka ini mulai dari proses membersihkan dari karat / mutih, mewarangi, hingga meminyaki dan memberi wewangian pada pusaka. Keseluruhan proses ini disebut proses Jamasan Pusaka.

“Dan yang terpenting dari seluruh proses ini adalah sikap batin kita yang harus ‘nderek langkung’ alias permisi, menghormati dan tidak meremehkan. Hal tersebut merupakan penghormatan kita atas kerja sang empu dan atas berkah Tuhan atas pusaka tersebut,” tutupnya.(Der/Yei)