06 February 2023
06 February 2023
21 C
Malang
ad space

Buka Pendaftaran Calon Anggota, Tim Pansel Bawaslu Jatim Sosialisasi di Kota Batu

MALANGVOICE – Tim Seleksi (Timsel) Pembentukan Bawaslu Jatim berkunjung ke Bawaslu Kota Batu (Senin, 20/6). Tim yang terdiri dari 5 orang itu mensosialisasikan pendaftaran anggota Bawaslu Jatim yang digelar 22-30 Juni.

Ketua Timsel, Sasongko Budi Susetyo mengatakan, sosialisasi akan digelar pula di Kabupaten Bangkalan, selain Kota Batu. Kedua wilayah ini dipilih sebagai representasi daerah di Jatim.

“Seharusnya bisa lebih banyak lagi untuk tempat sosialisasinya. Karena kami ingin mengajak menjaring sebanyak mungkin pendaftar calon anggota Bawaslu Jatim,” kata Sasongko.

Dibukanya pendaftaran untuk mengisi kekosongan tiga kursi anggota. Terlebih, menyambut agenda politik akbar pemilu 2024. Sehingga timsel membuka pendaftaran untuk menjaring calon anggota yang memiliki kapabilitas dan integritas.

Modal ini sangat penting agar penyelenggaraan pemilu berjalan secara bermartabat. Apalagi nantinya, Bawaslu sebagai penyelenggara memiliki tanggung jawab berat. Semisal ketika dihadapkan pada situasi sengketa pemilu.

“Maka tim pansel juga harus berkomitmen menjunjung independesi untuk menjaring calon-calon anggota Bawaslu yang berintegritas,” ujar dia.

Sasongko menuturkan, ada beberapa tahapan dalam pendaftaran calon anggota Bawaslu yang berakhir pada 30 Juni nanti. Selanjutnya pada 13 Juli masuk tahap pengumuman hasil seleksi administrasi.

Mereka yang lolos seleksi administrasi kemudian memasuki tahapan tes tertulis pada 18 Juli 2022 dan tes psikologi pada 19-20 Juli 2022. Hasil dua tahapan seleksi itu diumumkan pada 25 Juli 2022.

“Mereka yang lolos kemudian mengikuti tahap masukan dan tanggapan masyarakat pada 25-29 Juli 2022, tes kesehatan 26-27 Juli 2022, wawancara 28-29 Juli 2022. Hasilnya akan diumumkan pada 2 Agustus 2022,” ujar Sasongko.

Selanjutnya, kata Sasongko, tim seleksi akan mengusulkan nama-nama yang lolos seluruh tahapan seleksi ke Bawaslu RI. Biasanya, jumlah nama yang diusulkan dua kali lipat dari jumlah kebutuhan kursi.

“Kalau dibutuhkan tiga anggota Bawaslu Jatim, yang kami bawa atau diusulkan ke Bawaslu pusat ada enam calon,” ucapnya.

Sementara itu, nama-nama yang sudah diajukan ke Bawaslu RI, nantinya akan mengikuti tahapan uji kepatutan pada 22 hingga 26 Agustus 2022. Pada 12 September 2022 nanti, Bawaslu RI akan mengumumkan nama-nama yang lolos, untuk kemudian dilantik pada 21 hingga 23 September 2022.

“Tim pansel juga mempertimbangkan 30 persen keterwakilan perempuan dalam susunan keanggotaan Bawaslu Jatim. Ini amanat undang-undang,” ujar dia.

Tag: Bawaslu Jatim, Tim Pansel Pembentukan Bawaslu Jatim, Bawaslu Kota Batu, sosialisasi pendaftaran anggota Bawaslu, keterwakilan perempuan.(der)

Berita Terkini

Arikel Terkait