Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV

BKD Terapkan Pola Baru Diklatpim Pejabat ASN

Suasana Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV. (Bagian Humas Pemkot Malang)

MALANGVOICE – Sebanyak 30 pejabat eselon IV mengikuti Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV angkatan 143 yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang. Pola baru diterapkan pada Diklatpim yang dihelat di Aula PSSBB MAN 3.

Sekertaris BKD Kota Malang, Eny Handayani, mengatakan, event ini bertujuan mencetak pemimpin birokrasi pada level eselon IV yang berkompeten dan memiliki skill dalam menjalankan tugasnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Berbeda dengan periode sebelumnya, diklat kali ini menggunakan pola baru baik dalam segi evaluasi, rentang waktu maupun metodenya. Diklat yang dimulai pada 12 April 2017 dan berakhir pada 4 Agustus itu memakan waktu cukup lama.

“Karena nanti peserta yang sudah mendapat materi pelatihan selama beberapa bulan akan diterjunkan kembali pada masing-masing instansi dan kemudian kembali melakukan diklat bersama-sama,” kata Eny.

Untuk pola evaluasi, Eny menyebut, ada dua aspek penilaian utama masing-masing aspek sikap dan perilaku. Sikap meliputi integritas, etika, kedisiplinan dan sebagainya dengan bobot penilaian sebesar 35 persen. Sedangkan kualitas, termasuk di dalamnya cara kepemimpinan dan skill, memiliki bobot penilaian 65 persen.

“Diklatpim ini diharapkan mampu mencetak pemimpin yang memiliki skill serta sikap dan perilaku baik,” pungkasnya.