International Celaket Cross Culture Festival 2017

Besok, 1500 Seniman ‘Serbu’ ICCCF 2017

Pertunjukan ICCCF tahun 2015 lalu sangat meriah. (Istimewa)

MALANGVOICE – International Celaket Cross Culture Festival (ICCCF) 6th, bakal kembali digelar. Festival budaya terbesar di Malang kali keenam ini dihelat pada 24-25 November, di depan Kantor Balai Kota Malang.

Sama halnya dengan gelaran sebelumnya, suguhan festival budaya kali ini akan melibatkan 1500 seniman, yang diharapkan mampu menyedot puluhan ribu pengunjung.

Penggagas acara, Hanan Djalil, kepada MVoice, mengatakan, kegiatan yang berlangsung dua hari berturut-turut itu akan dihadiri sejumlah tokoh, seniman dan budayawan ternama kaliber nasional.

Tema yang diusung adalah ‘Dalam Kepak Sayap Garuda Kita Bersaudara’. Hanan menjelaskan, tema itu mengangkat isu terkini mengingat banyak masyarakat yang mempersepsikan adanya letupan-letupan kecil yang berisiko membuat perpecahan dalam negeri.

“Nah kami sebagai seniman, turun tangan dan berkontribusi juga dalam menjaga NKRI dengan segala taruhannya,” katanya saat dihubungi MVoice, Kamis (23/11).

Tahun ini ICCCF akan dimeriahkan 6 pertunjukan seni. Semuanya merupakan model tarian dari hasil kreasi para seniman.

“Ada Singo Barong Celaket, Jaranan Banyuwangi, Gandrung dan tarian kreasi lainnya dari Jawa Timur. Nanti 1.500 seniman ini tampil, termasuk seniman tari jaranan,” tambahnya.

Selain itu, ICCCF juga akan memberikan penghargaan pada seniman asal Malang, Jawa Tengah, Jawa Barat, jajaran DPRD dan beberapa ASN dari Kota maupun Kabupaten Malang.

Hanan berharap, gelaran tahun ini bisa berjalan sukses dan mengobati rindu masyarakat akan pertunjukan seni lokal

“Melihat antusiasme ICCCF tahun lalu, saya kira masyarakat sudah rindu dengan pertunjukan seni lokal. Apalagi dengan adanya budaya asing yang masuk di Indonesia, saya harap masyarakat semakin sadar akan pentingnya budaya lokal sebagai salah satu fondasi kunci dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk bermanfaat bagi masyarakat Celaket,” pungkasnya.(Der/Yei)