Besok, 14 Sanggar Kesenian Reog Kota Batu Ramaikan Obyokan

Obyokan bareng reog Kota Batu. (Disparta Kota Batu)
Obyokan bareng reog Kota Batu. (Disparta Kota Batu)
Article top ad

MALANGVOICE – Pemkot Batu konsisten hadirkan event menarik demi manjakan wisatawan. Termasuk ajang Obyokan Bareng Reog Kota Batu yang digelar di halaman Balai Kota Among Tani, Sabtu besok (21/7).

Melalui Dinas Pariwisata Kota Batu gelaran Obyokan Bareng itu bakal menghadirkan kolaborasi sejumlah 14 sanggar seni tergabung dalam Paguyuban Reyog Tri Manggolo Selo Aji Kota Batu. Formasinya terdiri dari Sardulo Gadung Melati , Sapto Tunggul Wulung, Sardulo Seto, Singo Yudho, Simo Junggo Joyo, Singo Bodho Rejo.

Kemudian, ada Singo Joyom Mulyo, Ujwala Roso Manunggal, Singo Rejo, Singo Ludro Bantarangin, Singo Manggolo Joyo, Singo Prono Wijoyo, dan Simo Mulyo Seto.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono mengatakan, pagelaran ini merupakan salah satu satu wujud pelestarian kesenian dan budaya daerah. Khususnya seni reog. Selebihnya tidak lain untuk mempererat para seniman dan paguyuban reog se- Kota Batu.

“Ini adalah bagian salah satu cara untuk melestarikan kesenian reog terutama di Kota Batu. Supaya masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung terhibur dengan adanya kesenian ini,” kata Imam kepada MVoice, Jumat (20/7).

Imam menambahkan, dengan pagelaran ini pula bertujuan menunjukkan kepada masyarakat bahwa di Kota Batu memiliki banyak kesenian, terutama paguyuban reog. Sehingga penting menjadi wadah para penggiat seni reog berekspresi.

“Potensi itu sudah ada dan di Kota Batu banyak sehingga tinggal memunculkan saja. Terlebih masyarakat Kota Batu sangat antusias dengan hadirnya pertunjukkan reog,” sambung Imam.

“Ini juga salah satu cara untuk menarik wisatawan datang ke Kota Batu. Supaya tahu juga tidak hanya wisata buatan saja yang disuguhkan. Namun kami juga berikan suguhkan kesenian tradisional,” jelas pria yang juga merangkap staf ahli Pemkot Batu ini.(Der/Aka)