06 February 2023
06 February 2023
22 C
Malang
ad space

Berdoa Sebelum Pelajaran, Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter

MALANGVOICE – Penerapan dalam pembelajaran hanya sebagian kecil dari strategi penerapan pendidikan karakter pada pendidikan dasar dan menengah.

Penerapan pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai strategi pengintegrasian. Salah satunya adalah melalui kegiatan sehari-hari di sekolah seperti berdoa.

Di SDN 3 Blimbing, sebelum memulai pelajaran, siswa dibiasakan berdoa terlebih dahulu. Dengan bimbingan guru siswa bersama-sama membaca doa dan melanjutkan membaca surat-surat pendek.

Kepala sekolah SDN 3 Blimbing, Suryatiningsih mengatakan, penting untuk menanamkan kebiasaan berdoa pada anak-anak.

“Bagian dari penanaman moral dan nilai religius pada anak,” katanya.

Di SD Anak Saleh pun demikian. Sebelum masuk ke kelas, siswa berkumpul di halaman tengah sekolah dan berbaris rapi sesuai kelasnya. Kemudian dengan bimbingan guru, siswa membaca doa-doa sehari-hari dan surat-surat pendek Al-Quran. Selain doa, siswa juga menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Kepala sekolah, Nurdiah Rahmawati menerangkan, setiap pagi kegiatan berdoa dan menyanyi memang bagian dari penguatan karakter kebangsaan dan religus anak-anak.

“Anak-anak harus dibiasakan berdoa. Sebelum memulai aktivitas apapun harus berdoa terlebih dahulu. Selanjutnya anak-anak juga ada kegiatan salat Dhuha berjamaah,” katanya.

Berita Terkini

Arikel Terkait