Endro Trilaksono, Street Saksofonis Juara Toyota Berani Coba 2017

Berawal Iseng, Saksofon Dibeli Hasil Hutang Bank

Endro Trilaksono (Kanan). (istimewa)
Endro Trilaksono (Kanan). (istimewa)

MALANGVOICE – Semangat dan tekad Endro Trilaksono patut ditiru. Personel RGB SKA, band asal Kota Malang ini menjuarai ajang Toyota Berani Coba 2017 sebagai saksofonis.

Ajang ini digelar Toyota Astra Motor (TAM) menantang generasi milenial Indonesia untuk meraih pekerjaan yang menjadi cita-citanya. Pekerjaan sesuai passion, mulai barista, sutradara dan musisi.

Kelahiran Nganjuk 24 tahun silam ini mampu menyisihkan total 4.400 pendaftar. Bermula dari mengirimkan portofolionya sebagai street saksofonis. Dia juga rutin mengungah aktivitasnya di akun Instagram sebagai syarat seleksi.

Alumnus SMAN 1 Panitanrowo Nganjuk ini kemudian masuk dalam tahapan seleksi 100 peserta yang lolos ke tahap berikutnya. Tak disangka, Endro yang bermodal saksofon dibelinya hasil hutang bank ini lolos hingga babak babak 10 besar. Dia lantas diundang ke Jakarta untuk tahapan audisi juara.

Endro Trilaksono, Street Saksofonis Juara Toyota Berani Coba 2017
Endro Trilaksono, Street Saksofonis Juara Toyota Berani Coba 2017

Pada tahan audisi ini, dia dituntut mempresentasi rencana ke depan di hadapan para juri. Yakni Yoris Sebastian (praktisi) dan Rene Suhardono (karier coach).

Kaget tentu yang dirasakan Endro saat penitia mengumumkan namanya masuk tiga besar juara.

Sebab, dia mendaftarkan diri dalam ajang ini juga coba-coba. Menjadi pemain saksofon pun dimulainya, 2016 silam, dengan otodidak.

Bahkan, kedua orang tuanya, Sulastri – Sunardiono, tak memberi restu. Alasannya tentu tidak sesuai dengan apa yang diharapan. Kedua orangtuanya menginginkan pekerjaan kantoran agar gelar sarjananya tak sia-sia. Apalagi Endro merupakan lulusan sarjana Jurusan Ekonomi Pembangunan di Universitas Negeri Malang (UM).

“Ini kemudian yang menjadi semangat dan motivasi saya. Ingin membuktikan kapada orangtua,” kenang Endro kepada MVoice.

Juara ajang ini, diceritakan Endro, berkesempatan mendapatkan pelatihan oleh ahli sesuai bidangnya selama dua pekan. Selain pula berhak mendapatkan sejumlah uang tunai dari panitia.

Tepatnya, mendapatkan pelatihan soft skill dan hard skill. Untuk soft skill diajari tentang perencanaan (planning) dan manajemen. Untuk hard skill (teknis), Endro berkesempatan mentoring oleh personel band saksofon ternama di ajang jazz nasional, yakni Saxx in the City. Yakni, Tommy Pratomo, Bayu Isman, dan Dames Nababan.

“Saya masih tak percaya. Bisa datang ke sini bertemu mentor-mentor hebat dan teman-teman dari Toyota rasanya seperti mimpi. Memenangkan Toyota Berani Coba membuka pintu untuk saya meraih mimpi menjadi solois,” pungkasnya.

Nah, belum lama ini ragil dari tiga bersaudara ini menyelesaikan single pertamanya berjudul Dameria. Lagu berdurasi sekitar 5 menit ini dapat didengarkan gratis di akun YouTube @EndroTrilaksono. Bisa pula lagu format mp3 diunduh gratis di website www.endrotrilaksono.com.(Der/Aka)