Baterai Gadget Habis? Kini Bisa Diisi Ulang Pakai Sepatu

Mahasiswa mencoba sol sepatu buatannya. (Istimewa)
Mahasiswa mencoba sol sepatu buatannya. (Istimewa)

MALANGVOICE – Mengisi ulang baterai gadget tak harus bingung mencari colokan listrik atau memiliki powerbank. Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), melalui penelitian Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) menciptakan sol sepatu yang bisa mengalirkan listrik.

Mereka adalah Tim IOS Pelita Energi, beranggotakan Muhammad Fauzi Al-asy’ari dan Maqhrisa Rusma (Pendidikan Teknik Elektro) serta Ahmad Salahudin (Desain Komunikasi Visual).

Alat buatan mereka mudah diaplikasikan karena berbentuk sol sepatu. Efektifnya, sol sepatu ini bisa ditaruh di sepatu manapun. Di dalam sol tersebut terdapat sensor pendeteksi tekanan yang kemudian mengubah tekanan saat berjalan menjadi energi. Energi selanjutnya disimpan dalam powerbank.

BNN Kota Malang

“Keunggulannya alat ini sangat fleksibel bisa digunakan pada cuaca apapun, dimanapun, dan no polusi. Ramah lingkungan intinya,” kata Fauzi.

Alat IOS Pelita Energi ini lolos pendanaan PKM 2018 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

TIM IOS Pelita Energi berharap, alat ini bisa diproduksi massal untuk dapat segera digunakan.

“Harapannya bisa digunakan masyarakat. Khususnya oleh banyak pendaki akan sangat bermanfaat,” pungkasnya.(Der/Ak)