Kunjungan Bupati Gunung Kidul

Baru Diresmikan, Ngalam Command Center Langsung Tebar Inspirasi

Wali Kota Malang, HM Anton, menerima kunjungan rombongan Bupati Gunung Kidul. (Istimewa)
Wali Kota Malang, HM Anton, menerima kunjungan rombongan Bupati Gunung Kidul. (Istimewa)

MALANGVOICE – Kota Malang baru saja meresmikan Ngalam Command Center pada Rabu (20/12) lalu. Hanya terpaut dua hari, pusat komando informasi di Kota Malang ini telah menebar inspirasi.

Hal ini tercermin saat kunjungan Bupati Gunung Kidul, Hj Badingah, ke Kota Malang, Jumat (22/12) hari ini. Dalam hal ini, dia berkesempatan diterima oleh segenap jajaran pejabat Pemkot Malang yang dipimpin Wali Kota, H Moch Anton, di Ngalam Command Center.

Badingah pun tak mampu menyembunyikan kekagumannya sejak memasuki ruangan yang terletak di komplek Balai Kota Malang ini. Tak ayal, dia pun mengaku takjub dengan perkembangan pembangunan yang terjadi di Kota Malang dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini.

Dia menegaskan, Kabupaten Gunung Kidul tertarik mengadopsi Ngalam Command Center. “Fasilitas ini merupakan bagian menuju pelayanan publik yang prima serta menjalankan pemerintahan berbasis teknologi dan informasi terkini,” ungkapnya.

Merespon hal ini, Wali Kota Malang, H Moch Anton, membuka pintu lebar-lebar jika memang Kabupaten Gunung Kidul ingin lebih dalam mempelajari sistem Ngalam Command Center untuk diterapkan di Pemkab Gunung Kidul. Kota Malang sendiri sebelumnya juga telah melaksanakan studi banding ke Surabaya untuk penyempurnaan Ngalam Command Center.

“Khusus untuk Ngalam Command Centre memang kita bangun dengan tujuan mengikuti tren dan perkembangan zaman,” imbuh Anton.

Dalam pelaksanaannya, sistem Ngalam Command Center terintegrasi dengan beragam aplikasi. Segala aktivitas dan perkembangan di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun dapat terpantau.

Tak hanya itu, lanjut Anton, Ngalam Command Center juga didesain untuk mewadahi aspirasi masyarakat. Teknis pelaksanaan terkait cara kerjanya pun sudah terbukti efektif dan efisien.

“Di sini kita ada sambat online bagaimana warga secara cepat melakukan aduan permasalahan dan itu segera kita tindak lanjuti. Kita kemarin bersama jajaran kepolisian dan stakeholder lain sudah melakukan demo bagaimana kecepatan reaksi dari aduan ini ditanggapi pemerintah,” pungkasnya.(Coi/Aka)