Sidak Layanan Publik Kota Malang

Baru Buka, Loket Layanan Publik Dijubeli Warga

Masyarakat menyerbu loket layanan kependudukan. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Warga Kota Malang menyerbu loket-loket layanan publik di hari pertama operasional, Senin (3/7). Ratusan orang berjubel di sejumlah layanan yang disediakan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Antrean panjang terjadi pada layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Rata-rata, mereka mengurus legalisir surat-surat untuk persyaratan masuk sekolah seperti akta kelahiran, kartu keluarga, dan KTP.

Pada loket legalisir akta kelahiran misalnya, sebanyak 159 orang telah mendaftar. Jumlah itu yang masuk hingga pukul 13.00 WIB. Pantauan MVoice di lokasi, warga yang mengantre banyak memilih berdiri di depan loket, ketimbang duduk di kursi tunggu sambil menunggu panggilan.

Serbuan warga tak hanya menyasar layanan Dispendukcapil. Beberapa loket yang disediakan OPD lain pun menjadi sasaran antre, seperti Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) dan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D).

Sekretaris Dispendukcapil Slamet Utomo mengatakan, serbuan warga sulit dibendung. ”Apalagi kemarin libur Lebaran sepekan, dan mulai hari ini daftaran sekolah, bersamaan dengan hari pertama buka layanan sehingga ramai sekali,” kata mantan pemain Persema Malang itu.