Banyak Dilalui Truk, Akses Jalan Menunju Pantai Selatan Rusak

Kondisi jalan di Srigonco, Bantur. (Toski D).

MALANGVOICE – Akses jalan menuju wisata pantai di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS) Kabupaten Malang rusak.

Kerusakan jalan tersebut dikarenakan adanya kendaraan besar (dump truk) yang mengangkut material untuk proyek pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) tahap dua.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, mengaku sudah mendapat laporan dan segera berkoordinasi dengan KemenPUPR.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) untuk memperhatikan kondisi jalan,” ucap Wahyu, Selasa (23/3).

Menurut Wahyu, dump truk yang mengangkut material untuk proyek JLS yang melebihi tonase jalan, juga dikarenakan cuaca ekstrem saat ini.

“Sudah koordinasi dengan PUPR, nanti untuk perbaikan atau peningkatan akses jalan itu akan dilakukan oleh mereka (PUPR), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang saat ini hanya melakukan perawatan saja,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Pemkab Malang, Romdhoni menyampaikan akses jalan menuju objek wisata pantai di Malang Selatan yang kondisinya rusak berat mulai dilakukan perbaikan, sehingga lubang jalan di sejumlah titik jalan menuju beberapa wisata pantai di Malang Selatan akan segera membaik.

“Banyak jalan rusak yang diperbaiki, untuk akses jalan menuju Malang Selatan, ada beberapa yang dilakukan pelebaran,” katanya, beberapa waktu lalu.

Pelebaran beberapa akses jalan tersebut, lanjut Romdhoni, selain untuk menunjang program strategis pemerintah pusat, juga untuk mempermudah wisatawan yang akan berkunjung ke wilayah pantai Malang Selatan.

“Untuk pelebaran jalan Tumpang-Turen masih dalam proses, bahkan jalan menuju pantai selatan. Untuk akses jalan ke pantai Balekambang masuk dalam Pemeliharaan rutin. Targetnya, selesai selama periode pak Bupati HM Sanusi ini,” tukasnya.(der)

article bottom ad