Awas Gendut, Ketahui Kalori Makanan Khas Lebaran Ini

Kalori masakan lebaran. (Commons.wikimedia)
Kalori masakan lebaran. (Commons.wikimedia)

MALANGVOICE – Hari lebaran sangatlah identik dengan konsumsi makanan manis, camilan dan tentunya makanan berkarbohidrat. Misalnya ketupat, opor ayam, semur daging, sambel goreng hati, dan lain sebagainya. Makanan ini mengandung kalori cukup tinggi.

Malangvoice merangkum beberapa kalori makanan khas lebaran dari laman Healthline, Selasa (12/6). Opor ayam memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, yakni 203 kalori untuk ukuran 100 gramnya. Untuk menyiasatinya, lebih baik nikmati opor ayam tanpa kuah. Ambil daging ayamnya saja, atau ambil dalam porsi yang sedikit.

Selain itu, rendang yang terbuat dari daging sapi ternyata memiliki kandungan 193 kalori untuk setiap 100 gramnya. Satu potong rendang kering dengan berat 337 gram, kandungan kalorinya sekitar 897 kalori.

BNN Kota Malang

Lalu sambal goreng hati yang terbuat dari bahan kentang, hati, atau bahkan terkadang dicampur dengan telur puyuh ini memiliki kandungan kalori yang juga cukup tinggi, yakni 163 kalori untuk setiap 100 gramnya. Sementara itu, semur daging yang nikmat untuk dijadikan lauk juga memiliki kandungan 132 kalori untuk setiap 100 gramnya.

Lalu bagaimana dengan kue kering. Ternyata kue nastar keju, misalnya, per porsi 100 gram, kalorinya 139 kalori. Sementara cake, misalnya, satu iris brownies 100 gram, kalorinya bisa 671 kalori.

Agar berat badan terjaga, disarankan minum air putih lebih banyak, kurangi minuman berwarna, jauhi kuah bersantan, dan kurangi porsi lontong/nasi, hindari kulit ay dan jauhi cemilan kue kering berbahan keju, coklat, kacang dan aneka gorengan.(Der/Aka)