Atlet Sea Games Menangi Cakra Run HUT Kostrad

Pangdivif 2 Kostrad beri selamat pemenang Cakra Run. (istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Ajang Cakra Run yang digelar sebagai peringatan HUT ke-56 Kostrad, Minggu (9/4), berlangsung sukses.

Sebanyak 5 ribu peserta dari semua golongan ikut memeriahkan ajang yang dihelat di Madivif 2 Kostrad, Singosari, Kabupaten Malang.

Lomba yang dibagi dua jarak, 5 dan 10 km itu akhirnya mendapati sang jawara dan berhak mendapat hadiah total Rp 75 juta, yang dibagi beberapa kategori, yakni Pelajar (Putra, Putri) dengan menempuh jarak 5 km serta Kategori Umum (Putra, Putri) dan TNI/Polri, yang keduanya sama-sama menempuh jarak 10 km.

Di jarak 10 km, pemenangnya adalah Serka Agus Prayogo, yang berdinas di Jasdam III/Siliwangi. Ia meraih waktu tercepat 30 menit 38 detik, lebih cepat 16 detik dari Juara 2 Ridwan dari Nusa Tenggara Barat.

Atlet yang akan diturunkan dalam Sea Games 2017 ini mengaku senang bisa meraih kemenangan. “Saya diundang secara khusus dan akhirnya menang. Senang juga,” katanya.

Di samping itu Agus tak memikirkan hadiah. Ia lebih memfokuskan diri dalam Cakra Run untuk latihan sebelum Sea Games. “Sekalian latihan juga sih,” singkat pria yang pernah menang 5 kali PON.

Sementara itu, Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Benny Susianto, mengaku akan mengagendakan Cakra Run secara rutin tiap tahun. Tujuannya agar bisa membentuk masyarakat yang sehat dengan berolahraga.

“Saya senang bisa tembus target sebanyak 5 ribu. Kedepan akan diagendakan setiap tahun,” ujar Benny.

Perlu diketahui pemenang lomba Cakra Run lainnya adalah Atjongtio Purwanto dari Batalyon Mekanis 521/Dadaha Yudha yang bermarkas di Kediri, Jawa Timur di posisi ke 3 lari 10 km.

Sedangkan pada Kategori Umum Putri, Juara 1 diraih Yulianingsih dari Mojokerto, Juara 2 Rieka Febriyanti dan Juara 3 Lailatul Asviyah yang keduanya berasal dari Primavera Salatiga.

Pada Kategori Pelajar, Juara 1 Putra diperoleh Rahmat Setiabudi dari SMANOR Sidoarjo, Juara 2 Ririk Satrio dari MA Al Suithon dan Juara 3 direbut Mochamad Ali dari SMAN 5 Malang. Sedangkan Juara 1 Pelajar Putri diraih oleh Ari Indah dari SMA DIPO Tumpang Malang dengan catatan waktu 18 menit 32 detik. Juara 2 dan 3 diperoleh Firdauziah Sudarsono pelajar SMP 2 Tengarang Bondowoso dan Masyaroh dari SD Jemurwonosari 3 Surabaya.

Untuk Kategori TNI/Polri, seluruhnya berhasil dikuasai oleh prajurit Kostrad. Juara 1 diraih Saiin Halim dengan perolehan waktu 32 menit 23 detik, Juara 2 Ridwar Wahyudi yang hanya berbeda 17 detik dibelakangnya dan Juara 3 direbut Ahmad Soleh dengan waktu 33 menit 33 detik.