Atasi Kekeringan, Perumda Tirta Kanjuruhan Manfaatkan Aliran Sungai Lesti

Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi. (Toski D).
Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi. (Toski D).

MALANGVOICE – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan (PDAM, red) Kabupaten Malang bakal memanfaatkan air permukaan atau Sungai Lesti guna atasi kekeringan di wilayah Malang Selatan.

“Kami akan manfaatkan sungai Lesti untuk atasi kekeringan di Malang Selatan menjadi wilayah yang setiap tahunnya mengalami kekeringan saat kemarau panjang,” ungkap Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, Minggu (9/2).

Menurut Syamsul, pemanfaatan Sungai Lesti tersebut dinilai dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Malang Selatan.

BNN Kota Malang

“Sungai Lesti akan kami manfaatkan untuk memenuhi air bersih di enam Kecamatan di wilayah Kabupaten Malang bagian selatan,” jelas pria yang meniti karier di PDAM Kabupaten Malang sebagai tukang Gali.

Sebab, lanjut Syamsul, di sungai Lesti tersebut memiliki potensi air cukup berlimpah dan bisa dimanfaatkan dengan kapasitas 500 liter/detik untuk mengatasi kekeringan tahunan di Malang Selatan.

“Dengan kapasitas tersebut, enam kecamatan yaitu, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Bantur, Donomulyo, Pagak, Gedangan, dan Kalipare di musim kemarau panjang masyarakat di Malang Selatan dapat terpenuhi dalam kebutuhan air bersih,” terangnya.

Untuk itu, tambah Syamsul, pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan study replikasi pengelolaan air sungai ke PDAM Intan Banjar, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan untuk mempelajari sistem Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan pemanfaatan sumber air baku dari sungai wilayah Malang Selatan.

“Jika ini sudah berjalan, masyarakat di wilayah Malang Selatan tak akan lagi kekurangan air bersih walaupun di musim kemarau, dan kami akan menggunakan sistem infrastruktur dengan cara pompa,” pungkasnya.(Hmz/Aka)