Atasi Banjir, Pemkot Malang Galakan Program GASS

Sekda Kota Malang, Wasto. (Toski D).
Sekda Kota Malang, Wasto. (Toski D).

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Malang saat ini serius mengatasi masalah banjir. Salah satunya dengan mencanangkan program Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS), yang telah dilakukan secara rutin dalam satu Minggu sekali.

Sekertaris Daerah Kota Malang, Wasto mengatakan, pihaknya terus meninimalisir banjir. Ia menjelaskan, selaman ini banjir dikarenakan saluran irigasi dan drainase akibat pembuangan sampah

“Beberapa kali kita lihat, adanya pendangkalan drainase akibat adanya bongkaran rumah. Walau tidak langsung dibuang ke sungai tapi bisa saja di pinggir pinggir jalan, akhirnya terbawa air ke drainase sehingga permukaan drainasenya lebih dangkal itulah penyebab utama dari terjadinya banjir,” jelasnya.

BNN Kota Malang

Dengan begitu, tambah Wasto, Pemkot Malang akan terus menjalankan program GASS, supaya permasalahan banjir di Kota Malang dapat teratasi.

“Di titik-titik tertentu sudah kita bongkar, setelah dibongkar lancar ini terus akan bergerak terus yang namanya GASS itu. Walaupun, drainase telah tertutup oleh bangunan permanen dari masyarakat, tetap dibongkar. Seperti di sebelah TMP tetap kita bongkar, karena setelah kita lihat secara nyata, secara fisik di lapangan itulah penyebabnya,” tandasnya. (Hmz/ulm)