Arjuno Kembali Terbakar

MALANGVOICE – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di lereng Gunung Arjuno, Kota Batu. Api terlihat mulai Minggu (29/9).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim dalam keterangan persnya menyebutkan bila informasi kebakaran diketahui oleh petugas Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Arjuno, R Soeryo.

BNN Kota Malang

“Informasi dari Staf Tahura R Soeryo 04 Sumberbrantas Sabtu (28/9) sekitar pukul 19.00 WIB telah terjadi kebakaran hutan di Gunung Arjuno. Tepatnya di Gunung Kembar Satu,” kata Rochim sebagaimana rilis yang diterima Mvoice.

Setelah itu, sebanyak 31 personel dari Tahura R Soeryo langsung menuju ke lokasi kebakaran. Mereka melakukan pemadaman secara manual dan beruntung api dapat dipadamkan.

Namun, titik api kembali terpantau Minggu (29/9) sekitar pukul 09.00 WIB. Diperkirakan lokasi titik api berada di Gunung Kembar Dua.

Sebanyak 15 personel melakukan persiapan untuk penyisiran dan melakukan pemadaman ke lokasi.

“Saat ini persiapan pemberangkatan tim Gabungan yang terdiri dari Tahura R Soeryo 04 Desa Sumberbrantas dan pihak terkait.

Diketahui, kebakaran di gunung setinggi 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini merupakan kedua kalinya dalam setahun.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan terjadi di kawasan Gunung Arjuno pada Minggu (28/7) lalu. Terhitung luas hutan yang terbakar sekitar 300 hektare.

Pemadaman dilakukan dengan dua cara, yaitu dari darat secara manual dan dari udara menggunakan water bombing. Kemudian kebakaran dinyatakan padam total pada Selasa (6/8) lalu.(Der/Aka)