Api di Gunung Arjuno Berhasil Dipadamkan

Ilustrasi kebakaran hutan (ilustrasi)

MALANGVOICE – Kebakaran hutan di lereng Gunung Arjuno akhirnya berhasil dipadamkan, beberapa menit lalu. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Sasmito, membenarkan kabar baik itu.

“Iya betul, alhamdulillah api sudah padam, setelah upaya anggota kami di lapangan, bekerja sama dengan Tahura dan PA Cansabalas dua hari ini,” ungkap Sasmito kepada MVoice, melalui selulernya.

Saat ini belasan anggota BPBD dan Tahura juga sudah turun dari area kebakaran. Namun untuk memastikan tidak ada titik api yang lain, lima orang anggota Pecinta Alam Cansabalas masih tinggal di sana.

BNN Kota Malang

Area kebakaran terakhir, kata Sasmito, berada di sisi selatan lereng Gunung Arjuno seluas 40-50 hektar. “Informasi dari tim kami, kalau dari puluhan hektar ini sudah dipastikan padam. Cansabalas nanti juga untuk membersihkan bekas kebakaran,” tambah Sasmito.

Ia sendiri bersyukur malam ini bisa padam karena logistik hampir habis. Dari BPBD selama pemadaman selain mengirimkan tim, juga mensupport logistik, transportasi, dan komunikasi radio.

“Kita dibantu juga dari Polsek Bumiaji, dan Koramil. Makanya pemadaman ini hasil kerja sama semua pihak. Kami berterimakasih sehingga kebakaran tidak meluas,” tutup Sasmito.