Antisipasi Demam Berdarah, Polsek dan Polres di Batu Difogging

Pengasapan yang dilakukan tim RS Bhayangkara Polres Batu. (Anja a)
Pengasapan yang dilakukan tim RS Bhayangkara Polres Batu. (Anja a)

MALANGVOICE – Mengantisipasi serangan demam berdarah, RS Bhayangkara Polres Batu melakukan fogging atau pengasapan wilayah kantor polsek dan polres di Kota Batu.

Staff keamanan dan kesehatan RS Bhayangkara, Herianto mengatakan, pengasapan seperti dilakukan dua kali dalam setahun. Enam polsek di wilayah hukum Polres Batu dan Mapolres Batu di disemprot asap pengatur serangga secara bertahap oleh RS Bhayangkara.

“Pengasapan ini dilakukan untuk mengantisipasi serangan nyamuk aedes aegypti, nyamuk penyebab demam berdarah. Mengingat pula kemarin hujan pertama, genangan air juga memicu perkembangbiakan nyamuk,” katanya saat dijumpai MVoice.

BNN Kota Malang

Dia mengatakan, pengasapan ini juga antisipasi agar anggota Polres tidak terken demam berdarah sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu. Pengasapan dilakukan pertama kali di tiga polsek di Kota Batu, antara lain polsek Pujon, Ngantang dan Kasembon.

Pengasapan yang dilakukan ini adalah salah satu bentuk antisipasi, bukan berarti sering terjadi anggota Kepolisian terserang demam berdarah. Tidak hanya melakukan pengasapan, secara rutin juga dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap anggota Polres Batu.

“Ada juga anggota yang terserang demam berdarah tapi jumlahnya tidak banyak, paling tipus. Pengasapan ini tidak lain antisipasi, karena yang ada di Polsek tidak hanya Polisi tapi juga masyarakat,” katanya.(Der/Aka)