Anggaran Pembangunan Jalan Tembus Diajukan ke Pusat

M. Chori. (fathul/malangvoice)

MALANGVOICE – Anggaran pembangunan jalan tembus yang saling menghubungkan tiga wilayah di Malang Raya akan diajukan ke Bappenas RI. Kepala Bappeda Kota Batu, M. Chori menjelaskan, tiga Bappeda se Malang Raya sudah merencanakan masterplan infrastruktur secara makro di tahun 2016 mendatang.

Masterplan infrastruktur ini termasuk pembangunan jalan tembus Dieng (Malang) – Jeding (Batu) dan Giripurno (Batu) – Purwosari, Kabupaten Pasuruan yang akan dimulai pembangunannya di tahun 2017.

“Penganggarannya nanti sebisa mungkin pengajuan ke pusat, karena sifatnya sinergitas antar daerah. Kita sudah mulai membahasnya antar Bappeda se Malang Raya,” kata Chori.

BNN Kota Malang

Dijelaskan, pembangunan jalan tembus memang menjadi isu sentral dalam pembicaraan Kepala Bappeda. Karena jangan sampai terjadi perbedaan kualitas jalan saat keluar dari satu daerah dan masuk ke daerah lain.

“Meskipun pembiayaan dari APBN, kita dari Bappeda kaitannya adalah memasukkan hal ini ke dalam RTRW masing-masing. Jadi, jalan kalau sudah tembus Batu, itu percabangannya kemana juga harus dicarikan pintu keluar,” jelas Chori.

Bila perencanaan di masing-masing Bappeda sudah jelas, menurut Choiri, maka akan dilakukan pertemuan dengan Dinas Bina Marga se-Malang Raya untuk membicarakan perencanaan teknis pembangunannya.-