Anda Kolestrol, Begini Takaran Makan Telur yang Aman

Makan telur aman untuk mereka yang kolestrol tinggi. (nit.pt)

MALANGVOICE – Telur merupakan salah satu bahan makanan yang bernutrisi. Sayangnya, telur punya reputasi buruk karena kuning telurnya tinggi kolesterol. Jadi jangan terlalu banyak makan telur.

Supaya tak bingung, MVoice merangkum berapa banyak sajian telur yang sebaiknya Anda konsumsi dari laman Healthline.com, Senin (3/12)

Memakan telur dalam takaran tepat membantu Anda mencegah kenaikan kolesterol. Justru, makan telur dengan takaran tepat akan meningkatkan level karetenoid antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang mampu menangkal radikal bebas.

Dalam sebuah studi disebutkan, penderita diabetes tipe 2 boleh makan maksimal 2 telur sehari, 6 dalam seminggu. Kebiasan makan telur itu terbukti tidak mempengaruhi level lipid dalam darah.

Satu butir telur ukuran sedang mengandung 186 mg kolesterol, 62 persen dari jumlah yang direkomendasikan dalam sehari. Sebaliknya, putih telur justru rendah kolesterol. Rekomendasinya adalah memakan maksimal 2-6 telur saja dalam seminggu.

Telur yang baik adalah yang kaya akan omega-3 atau telur dari ayam kampung. Cara mengolah telur paling baik adalah merebusnya. Menggoreng boleh saja asal menggunakan minyak goreng sehat dan tidak menambahkan terlalu banyak garam.(Der/Ulm)