Alkohol Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Ilustrasi (natureworldreport)

MALANGVOICE – Dalam studi baru yang dilakukan peneiliti dari Harvard School of Public Health di Boston, para wanita yang mengonsumsi alkohol setiap hari akan meningkat risiko terkena penyakit kanker.

Studi melibatkan 135 ribu orang pria dan wanita, para peserta studi ada yang gemar meminum alkohol satu atau dua gelas per hari. Setelah dilakukan pemeriksaan, hasilnya, 13 persen risiko lebih besar terkena kanker bagi wanita dan kebanyakan adalah kanker payudara.

Bagi pria, ternyata risiko kanker terjadi karena mereka seorang perokok atau pernah merokok pada suatu masa kehidupannya, dan jika tidak merokok, tidak ada risiko yang berhasil direkam dalam penelitian itu.

BNN Kota Malang

British Medical Journal menulis, penelitian yang dilakukan selama 30 hari itu, selain kanker payudara, wanita rentan terkena kanker hati, usus, mulut, tenggorokan dan banyak lagi.

Seperti dikutip dari TIME, seorang pemimpin studi, Yin Cao, mengingatkan, merokok dan minum alkohol berat harus dihindari, untuk membantu mengurangi gejala risiko terkena kanker.