Akhir Agustus, Kades Terpilih Bakal Dilantik

Kepala DPMD Kabupaten Malang, Suwadji. (Toski D).

MALANGVOICE – Jadwal pelantikan untuk 269 kepala desa (kades) terpilih dalam Pilkades serentak gelombang III akan digelar pada akhir Bulan Agustus nanti.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Suwadji mengatakan, jadwal pelantikan Pilkades awalnya diagendakan di bulan Oktober akhirnya diajukan pada tanggal 29 – Agustus 2019.

“Diajukannya pelantikan ini supaya Kades terpilih dapat menyusun dokumen rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDesa) sebagai perwujudan dari visi dan misi para kades,” ungkapnya.

Karena, lanjut Suwadji, pihak Pemerintah desa (Pemdes) dapat menyusun dokumen RPJMDesa, dan bisa penyusunan dokumen rencana kerja pemerintahan desa (RKPDesa) dan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDesa) tahun 2020 datang.

“Karena, dokumen RPJMDesa merupakan dokumen wajib yang dimiliki pemerintahan desa dan dijadikan arah dan pedoman dalam pembangunan di wilayah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suwadji menjelaskan, dalam proses penyusunan RPJMDesa tersebut sangatlah membutuhkan waktu, karena memerlukan penggalian gagasan ditingkat dusun atau kelompok. Setelah itu, langsung menyusun dokumen RKPDesa 2020 dan ditindaklanjuti dengan APBDesa.

“Dokumen-dokumen tersebut, sesuai dengan aturan yang berlaku, diwajibkan selesai di akhir tahun ini. Makanya, pelantikan Kades Terpilih kami majukan,” pungkasnya. (Hmz/ulm)