Hari Pahlawan, HMI Refleksikan Perjuangan Lafran Pane

Aktivis HMI Cabang Malang. (istimewa)

MALANGVOICE – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang, menggelar aksi damai, Jumat (10/11). Aksi itu dilakukan bukan hanya untuk peringatan Hari Pahlawan, tetapi juga dianugerahinya pendiri HMI, Lafran Pane, sebagai pahlawan nasional.

Massa yang berjumlah puluhan itu mengawali aksinya dengan berjalan kaki dari Jalan Veteran menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati, Kota Malang. Mereka juga berorasi dan membawa poster Lafran Pane.

Sesampainya di TMP Suropati, aktivis HMI melakukan doa bersama untuk para pahlawan dan ditutup dengan tabur bunga.

Ketua Umum HMI Cabang Malang, Harianto mengungkapkan, aksi damai ini merupakan bukti kecintaan dan penghormatan mereka terhadap ayahanda – sapaan khusus kader HMI kepada tokoh asal Yogyakarta, Lafran Pane.

“Sebagai kader tentu kami bersyukur, karena perjuangan ikhlas ayahanda kami dianugerahi penghargaan tertinggi bangsa ini,” ujarnya.

Para massa kemudian bergerak menuju Jalan Simpang Balapan untuk berorasi di Hari Pahlawan. Harianto berharap, perjuangan Lafran Pane menjadikan semangat seluruh aktivis HMI.

“Serta merefleksikan kembali perjuangan tersebut dalam aktivitas kontekstual,” tandas mahasiswa pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) tersebut.(Der/Aka)