Antisipasi Gepeng Kiriman, Dinsos Gencarkan Patroli

MALANGVOICE-Jelang Lebaran identik dengan maraknya gelandangan dan pengemis (Gepeng) kiriman. Mengantisipasi itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batu rutin melakukan patroli.
Kepala Dinsos Kota Batu, Bambang Kuncoro, mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan masyarakat maupun temuan timnya mengenai keberadaan pengemis kiriman.
Namun, untuk mengantisipasi, pihaknya rutin memonitor keberadaan pengemis, khususnya di titik keramaian Kota Batu. “Tim kami terus melakukan patroli. Titik kawasan yang diantisipasi seperti Alun-Alun Kota Batu dan perempatan jalan,” jelas Bambang kepada MVoice, di ruang kerjannya.
Jika ada pengemis atau gelandangan yang terjaring, pihaknya akan memberikan imbauan agar kembali ke daerah  asal. Pihaknya juga mengimbu agar warga atau wisatawan agar tidak mudah memberikan uang atau sejenisnya kepada pengemis.
“Jika ingin bersedekah lebih baik ke lembaga resmi yang telah ada,” pungkas mantan Kepala Dishub Kota Batu ini.
Terpisah, Kasatpol PP Kota Batu, Robiq Yunianto, mengatakan, pihaknya siap kapanpun ditugaskan melakukan penertiban gelandangan maupun pengemis. Sebab, menurutnya, Satpol PP sebatas tim pendukung sedangkan leading sector sepenuhnya ada pada Dinsos Kota Batu.
“Jelang Lebaran juga ada tim khusus yang nantinya menangani segala bentuk gangguan Kamtibmas, serta berkerjsama dengan dinas terkait termasuk Polres Batu,” pungkasnya.