1.718 Pasien Jiwa Berobat di Puskesmas

Suprapti. (fathul/malangvoice)

MALANGVOICE – Jumlah total pengunjung pasien kesehatan jiwa (Keswa) yang ditangani Puskesmas di Kota Batu, mencapai 1.718 orang pada semester pertama tahun 2015 ini.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Farmasi Dinkes Kota Batu, Suprapti menjelaskan kebanyakan dari mereka mengalami gangguan neurotik dan skizofrenia. “Tapi jumlah yang kita rujuk sebanyak 227 orang. Yang dirujuk inilah yang tak bisa kita tangani,” ujar Suprapti kepada MVoice, Minggu (6/9).

Untuk jenis-jenis gangguan kesehatan jiwa yang kerap terjadi pada warga seperti gangguan penggunaan zat, gangguan bipolar atau kepribadian ganda, gangguan psikotik akut, epilepsi, retardasi mental, gangguan depresif, panik, bahkan juga gangguan makan.

“Gejala gangguan mental seperti ini membahayakan karena seseorang bisa depresi lalu melakukan bunuh diri. Awalnya ya dari orang-orang yang sering terjadi masalah, kemudian depresi, skizofrenia, kalau blank ya bisa bunuh diri,” tambah Suprapti.

Dari jumlah itu, lanjutnya, sebanyak 960 kunjungan adalah seorang wanita, dan laki-laki sebanyak 758 kunjungan. Sedangkan jumlah kunjungan demensia atau pikun bagi orang tua hanya 1 orang.-