LSI Denny JA Sebut Sekda Kabupaten Malang Berpeluang Maju di Pilkada 2024

Ilustrasi Pemilu (Anja).
Ilustrasi Pemilu (Anja).

MALANGVOICE – Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Dito Arief menyatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat berpeluang maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2024 mendatang.

Menurut Dito, meski berdasarkan elektabilitas dan popularitas Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat ini masih kurang dikenal, masih memiliki kans untuk maju dalam Pilkada.

“Tapi perlu dihitung masa pensiun Wahyu Hidayat. Jika pada tahun 2024 nanti sudah memasuki pensiun itu bisa saja maju, karena perlu pengorbanan yang sangat besar. Kalau belum ya harus pensiun dini,” jelasnya.

Meski begitu, lanjut Dito, popularitas dan elektabilitasnya perlu diuji terlebih dahulu, karena Sekda merupakan pejabat pemerintah bukan pejabat politik.

“Beliau kan pejabat pemerintahan bukan pejabat politik. Jadi masyarakat lebih mengenal pak Sanusi (Bupati Malang HM Sanusi) dan pak Didik (Wakil Bupati Malang Didk Gatot Subroto),” tegasnya.

Meski demikian Wahyu menjadi orang ketiga di Pemkab Malang, dan orang pertama di birokrasi Kabupaten Malang.

“Hanya saja, masih perlu diuji terlebih dahulu apa beliau populer atau dikenal oleh masyarakat Kabupaten Malang,” imbuhnya.

Karena itu, tambah Dito, dia punya peluang untuk maju dalam Pilkada 2024 mendatang, terlebih yang bersangkutan memiliki modal sosial dan finansial.

“Pak Wahyu punya peluang itu, apalagi sudah punya modal sosial dan finansial. Tinggal modal politik dan modal elektoral agar dikenal lebih jauh dan diterima oleh masyarakat Kabupaten Malang,” pungkasnya.