Rencana Satu Arah Jembatan Tunggulmas ditunda, Dishub Kota Malang Kembali Lakukan Evaluasi

Jembatan Tunggulmas, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Pemberlakuan satu arah di jembatan Tunggulmas yang rencananya berlangsung pada Rabu (1/6) ditunda.

Penundaan itu diputuskan dari hasil koordinasi antara Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang dan Satlantas Polresta Malang Kota dalam forum Lalu Lintas (Lalin).

Plt Kadishub Kota Malang, Handi Priyanto melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Slamet Santosa, mengatakan penundaan dilakukan setelah melihat hasil evaluasi periodik sejak penutupan jembatan dibuka.

“Jadi mungkin (penundaan penerapan satu arah) terkait dari evaluasi (lewat Forum Lalin),” ujarnya saat diwawancarai awak media pada Rabu (1/6).

Kini pihaknya sedang melakukan uji coba pembukaan road barrier di depan pintu masuk jembatan Tunggulmas yang berada di kawasan Tlogomas.

Upaya itu sebagai opsi lain dalam menuntaskan kemacetan dikawasan tersebut.

“Dibuka road barrier sejak Senin (30/5). Setelah dilakukan koordinasi antara Kadishub dengan Kasatlantas kita coba dua sampai tiga hari mendatang, nanti dilihat perkembangannya (uji coba pembukaan road barrier),” kata dia.

Dishub Kota Malang dibantu pihak akademisi juga akan terus melakukan evaluasi secara periodik terkait uji coba pembukaan road barrier tersebut.

“Besok (2/6) akan dilakukan rapat evaluasi untuk penentuan titik pemasangan traffic light. Nanti dalam rapat itu akan melibatkan Dishub Provinsi Jawa Timur dan DPUPRPKP Kota Malang,” terangnya.

Sementara itu, untuk memastikan arus lalu lintas selama masa evaluasi ini, Dishub Kota Malang menerjunkan petugas melakukan pengaturan lalu lintas baik pagi dan sore.

“Kita menempatkan teman-teman Dishub dalam pengaturan lalu lintasnya masing-masing dua personel di waktu-waktu padat,” tandasnya.(end)