Pemkab Malang Lakukan Swab PCR 5.668 Orang Secara Acak, 62 Persen Positif

Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat. (Mvoice/Toski D).

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melakukan Swab PCR secara acak terhadap 5.668 orang di wilayah Kabupaten Malang dan mendapatkan 62 persen terpapar positif Covid-19.

Jumlah tersebut tertuang di dalam surat pemberitahuan yang ditandatangani oleh Bupati Malang H.M Sanusi, dengan nomor surat 440/6223/35.07.031/2021 tentang Peningkatan Penanganan Covid-19.

Di dalam surat itu disebutkan, 62 persen tersebut berasal dari jumlah masyarakat Kabupaten Malang yang melakukan swab PCR secara acak pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021 lalu. Bahkan di antara 5.668 orang tersebut, tercatat 360 orang yang meninggal dunia.

“Itu dilakukan secara acak untuk mengetahui seberapa besar sebaran Covid-19 di Kabupaten Malang. Ini kan juga bentuk upaya tracing,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, Rabu (4/8).

Menurut Wahyu, Swab PCR test yang dilakukan kepada ribuan masyarakat secara acak tersebut dilakukan agar masyarakat paham, jika sebaran Covid-19 di Kabupaten Malang hingga saat ini masih perlu diwaspadai.

“Itu sebagai antispasi, agar masyarakat tahu bahwa sekarang kondisi sebaran Covid-19 seperti ini. Itu hanya sebagai sampel kok. Sementara masyarakat yang positif, saat ini sudah ditangani,” jelasnya

Untuk itu, lanjut Wahyu, dirinya mengimbau agar masyarakat bisa paham dan lebih waspada terhadap sebaran Covid-19 di Kabupaten Malang masih tinggi.

“Saya berharap, Satgas Covid-19 bisa tetap melakukan sosialisasi dan memberikan informasi pentingnya protokol kesehatan (prokes). Tentu dengan cara yang lebih humanis,” tegasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, hingga saat ini jumlah masyarakat yang telah terkonfirmasi positif mencapai 9.925 orang, dengan tingkat kesembuhan 6.527 orang.

Adapun korban meninggal sebanyak 431 jiwa, sedangkan yang menjalani Isolasi Mandiri 2.200 orang, dan 751 pasien menjalani perawatan.(end)