PWI Malang Raya Galang Dana “Keep Fighting Kabupaten Malang” untuk Korban Gempa

Galang dana PWI Malang Raya. (Istimewa)

MALANGVOICE – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggalang dana untuk membantu korban gempa bermagnitudo 6,1 yang terjadi pada Satu (10/4) lalu.

Kegiatan penggalangan dana tersebut bertajuk ‘Keep Fighting Kabupaten Malang’, yang merupakan bentuk kepedulian PWI Malang Raya atas musibah gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Malang.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, aksi sosial penggalangan bantuan ini untuk meringankan para korban gempa bumi di Kabupaten Malang.

“Kami ingin ikut berpartisipasi membantu saudara-saudara kita yang terdampak gempa di Kabupaten Malang,” ucapnya, kepada MVoice, Jumat (16/4).

Banner Ajakan PWI Malang Raya untuk berdonasi (Istimewa).

Menurut Cahyono, penggalan bantuan untuk korban gempa tersebut merupakan rasa kemanusiaan yang timbul secara spontanitas dari rekan-rekan wartawan yang bertugas di wilayah Malang Raya, karena juga ikut merasakan derita yang dialami para korban gempa tersebut.

“Penggalangan bantuan itu diharapkan dalam bentuk barang, bukan uang,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Cahyono, PWI Malang Raya melakukan penggalangan bantuan yang nantinya akan dapat digunakan untuk membenahi Rumah Ibadah yang rusak akibat gempa bermagnitudo 6,1 tersebut.

“Berdasarkan hasil musyawarah dengan pengurus PWI Malang Raya, kami sepakat melakukan perbaikan rumah ibadah,” terangnya.

Untuk waktu kegiatannya, tambah Cahyono, dirinya saat ini masih melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk kesiapan materialnya.

“Untuk waktunya kita masih nunggu, yang jelas dalam waktu dekat ini,” tukasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari BPBD Kabupaten Malang per-tanggal 15/4/2021, dampak gempa bermagnitudo 6,1 tersebut menyebabkan 5.924 unit rumah warga mengalami kerusakan.

Sedangkan, untuk bangunan tempat ibadah ada sebanyak 192 unit yang mengalami kerusakan. Jumlah total kerusakan tersebut tersebar di 29 dari 33 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang.(der)