Kriminalitas Meningkat, Kapolres Imbau Masyarakat Waspada

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar. (Toski D).
Kapolres Malang AKBP Hendri Umar. (Toski D).

MALANGVOICE – Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar meminta kepada masyarakat di wilayahnya agar mewaspadai aksi kejahatan. Sebab, dalam beberapa waktu terakhir angka kriminalitas di wilayah hukum Polres Malang mengalami peningkatan.

“Tidak hanya di Polres Malang, tapi juga di wilayah lain. Kejahatan jalanan, konvensional, curanmor, curat, curas, terus mengalami peningkatan. Tapi kita yakinkan kepada masyarakat, pihak kepolisian akan tidak tinggal diam. Itu sudah jadi prioritas kami,” ucap Hendri, Rabu (13/5).

Menurut Hendri, saat ini ada beberapa kasus kejahatan jalanan yang cukup signifikan terjadi belakangan ini. Kejahatan jalanan itu didominasi pencurian kendaraan bermotor atau curanmor.

“Kondisi saat ini, apalagi Corona, dan menjelang lebaran, berbanding lurus banyak orang yang butuh uang. Banyak yang kehilangan pekerjaan, dan banyak kriminalitas. Kemarin di Bululawang ada maling motor di massa, itu juga residivis. Kemudian juga 2 hari lalu ada orang gangguan jiwa yang melakukan penganiayaan,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Hendri, dirinya berpesan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan menjaga keamanan, baik keamanan rumah atau lingkungan.

“Jadi kami imbau masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati karena kriminalitas pasti meningkat. Jangan taruh motor di teras tanpa di kunci stir. Gembok rumah ditambah, kalau biasanya satu ya jadi dua. Kalau belanja ke pasar hati-hati,” tandasnya.(Der/Aka)