Kota Malang Terima 150 PJU Tenaga Surya Kementerian ESDM

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko bersama Wakil Menteri ESDM RI, Archandra Tahar meresmikan PJU TS, Rabu (16/10). (Humas Pemkot Malang)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko bersama Wakil Menteri ESDM RI, Archandra Tahar meresmikan PJU TS, Rabu (16/10). (Humas Pemkot Malang)

MALANGVOICE – Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia memberikan 150 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU – TS) kepada Kota Malang, Rabu (16/10).

Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi Kementerian ESDM atas upaya pemenuhan dan pemerataan akses energi bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk di Kota Malang. Hal ini sekaligus bentuk sinergitas program pemerintah pusat dan daerah guna mendukung percepatan pembangunan dengan mendorong peningkatan perekonomian kesejahteraan masyarakat.

“Sebanyak 72 PJU – TS telah di pasang di sejumlah titik di Kelurahan Lesanpuro. Pemberian bantuan ini memberi manfaat bagi pengguna jalan yang melintas di sepanjang jalan di wilayah Lesanpuro” kata Bung Edi, sapaan akrabnya.

Keberadaan PJU-TS, lanjut dia, merupakan langkah inovatif dalam tantangan pemenuhan kebutuhan energi memanfaatkan energi baru terbarukan dan juga penggunaan teknologi efisien. Hal ini sebagai upaya konservasi energi untuk meningkatkan ketahanan energi.
Politisi Golkar ini berharap agar apa yang telah diberikan Kementerian ESDM akan dapat membantu penghematan dalam pembiayaan pengelolaan operasional PJU yang dimiliki Kota Malang.

Sementara itu, Wakil Menteri ESDM RI, Arcandra Tahar menilai, pemasangan penerangan berbasis tenaga surya itu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebisa mungkin kita pasang di tempat-tempat yang menjadi sarana umum. Seperti Balai RW, Kelurahan, Masjid dan lainnya. Insya Allah bisa dijaga dengan baik,” kata dia.(Hmz/Aka)