Wali Kota Malang Didapuk jadi Perumus RUU Ekonomi Kreatif

Wali Kota Malang Sutiaji.
Wali Kota Malang Sutiaji. (Aziz Ramadani MVoice)

MALANGVOICE – Komitmen Pemerintah Kota Malang membangun ekonomi kreatif diapresiasi pemerintah pusat. Ini dibuktikan dengan dipilihnya Wali Kota Malang Sutiaji menjadi salah satu perumus penyusunan Rancangan Undang- Undang (RUU) Ekonomi Kreatif, Selasa besok (16/7) di Kementerian Perdagangan RI.

“Insya Allah, saya akan hadir secara langsung, karena memang diminta untuk memberikan referensi dan masukan untuk penyusunan RUU ekonomi Kreatif,” kata Sutiaji dalam keterangan tertulisnya.

Ia melanjutkan, ada beberapa hal yang jadi pertimbangan pemerintah pusat melibatkan Kota Malang. Antara lain, karena melihat komitmen kuat dari Pemkot Malang, kuatnya komunitas pelaku ekonomi kreatif dan keberadaan start up.

“Sinergi pentahelix yang mampu dikembangkan hingga ditunjuknya Kota Malang sebagai role model pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia,” urainya.

Sementara itu, Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Kementerian Perdagangan RI
Ari Juliano Gema menjelaskan, bahwa pembahasan RUU Ekonomi Kreatif, mengangkat tema urgensi pengaturan ekosistem ekonomi kreatif, dengan menghadirkan Pemda (Kepala Daerah, red) yang direkomendasikan, pelaku dan stakeholders pelaku ekonomi kreatif serta Tim RUU Ekraf dari Kemendag RI. (Der/Ulm)