Buka Kelas Kerja Sama Industri PT GMF, Lulusan Mahasiswa Polinema Langsung Diterima Kerja

Baner penerimaan mahasiswa baru D-III GMF Polinema. (Istimewa)

MALANGVOICE – Guna langsung memberikan lapangan pekerjaan bagi mahasiswa, Politeknik Negeri Malang (Polinema) kerja sama dengan PT Garuda Maintenance (GMF).

Kelas kerja sama industri dengan ikatan dinas ini, nantinya akan dibuka bidang keahlian Airframe Powerplant (AP) di bawah Program Studi Diploma Tiga (D-III) Teknik Mesin.

“Jadi, mahasiswa nantinya akan dibekali materi pembelajaran terkait peraturan keselamatan penerbangan sipil (Civil Aviation Safety Regulations, CASR) dan peraturan – peraturan pendidikan tinggi,” ujar Kabag Humas Polinema, Joko santoso kepada MVoice, Jumat (28/6).

Di kelas kerja sama ini, mahasiswa juga akan menjalani empat semester di Polinema dan dua semester di GMF Jakarta.

Kendati uang kuliah tunggal (UKT) di kelas GMF terhitung mahal yang dikarenakan banyak praktik, nantinya mahasiswa akan memperoleh Ijazah D-III sekaligus Sertifikat Basic Aircraft Maintenance (BAM) sesuai CASR 65 yang berlaku secara internasional.

“Nantinya calon mahasiswa diseleksi bersama oleh PT GMF AeroAsia dan Polinema. Lulusannya juga langsung diterima kerja sebagai teknisi pada PT GMF AeroAsia, atau pada PT Garuda Daya Pratama Sejahtera, yang merupakan anak perusahaan PT GMF,” tandasnya.

Bahkan, sejak dibukanya kelas GMF pada 2015 lalu, animo pendaftar cukup tinggi, sebab kelas kerja sama industri ini memiliki prospek yang bagus. Selain itu, Polinema juga menunjang fasilitas sarpras berupa hanggar pesawat dilengkapi dengan dua mesin pesawat sebagai bahan praktikum mahasiswa. (Der/Ulm)