Digandeng Telkom, SMKN 11 Malang Kembangkan Fiber Optic untuk Percepat Telekomunikasi

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko saat mengecek laboratorium komputer di SMK Nasional. (Lisdya)

MALANGVOICE – PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melakukan pengembangan layanan ICT berbasis fiber optic di lingkungan SMK. Salah satu SMK di Kota Malang yang dipilih adalah SMKN 11 Malang.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko mengatakan, terpilihnya SMKN 11 Malang dikarenakan akan disiapkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Di Kota Malang ada tiga SMK yang akan jadi BLUD karena potensinya besar, salah satunya ya SMKN 11 potensinya IT,” katanya saat mengunjungi SMK Nasional, Sabtu (20/4).

“Fiber optic sendiri merupakan telekomunikasi untuk kecepatan sistem jaringan internet maupun komputer,” jelasnya.

Perlu diketahui, beberapa industri dan produsen kenamaan level nasional maupun internasional telah berhasil digandeng oleh SMKN 11 Malang di antaranya Evercross, Meruvian, Axio serta Asus.

“Bahkan juga menggandeng salah satu industri di Malaysia,” tambahnya.

Nantinya, fiber optic di SMKN 11 ini mampu memberikan pelayanan satelit untuk internet, pelaksanan operasi bagi dunia medis, memudahkan dalam menggunakan telepon, menerima siaran televisi, dan menerima serta saling bertukar informasi di lingkungan SMKN 11 Malang, yakni Kelurahan Bakalan Krajan.

“Kalau pakai fiber optic maka kecepatan semakin tinggi, nggak lemot. Sementara melayani satu kelurahan, semoga bisa untuk se-Kota Malang jangkauannya,” pungkasnya. (Der/Ulm)