Puskesmas Arjuno Utamakan Pelayanan Lansia

Pelayanan ruang tunggu lansia. (Lisdya)
Pelayanan ruang tunggu lansia. (Lisdya)

MALANGVOICE – Puskesmas Arjuno yang menaungi kelurahan Oro-oro Dowo, Kauman, Penanggungan dan Kidul Dalem ini mengusung Puskesmas santun lanjut usia (lansia).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Puskesmas Arjuno Kota Malang, dr. Umar Usman.

“Kami memang memberikan prioritas kepada para lansia. Dengan adanya fungsi organ pada lansia, maka kami upayakan mereka tidak boleh antre, kalaupun antre sesama lansia bukan dengan pasien lain,” ujar Kepala Puskesmas Arjuno Kota Malang, dr. Umar Usman saat ditemui di kantornya, Kamis (29/11).

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa ruang tunggu yang berada di Puskesmas Arjuno Kota Malang dilengkapi dengan stiker santun lansia, yang memang dikhususkan untuk lansia.

Hal senada juga dijelaskan oleh Penanggung Jawab Apoteker Puskesmas Arjuno Kota Malang, Rofiutin Maulida, bahwasanya pelayanan untuk lansia memang diprioritaskan pelayanannya terlebih dahulu.

“Di loket kami ada dua nomor yakni tombol A dan B. Untuk tombol B itu diperuntukkan usia 59 tahun keatas. Jadi di loker pendaftaran, lansia akan diprioritaskan dipanggil lebih dahulu,” tegasnya.

Selain itu, Rofiutin pun memaparkan jika ruang tunggu setiap poli yang ada di Puskesmas Arjuno Kota Malang, juga dilengkapi dengan tempat duduk yang dikhususkan untuk lansia.

“setiap poli, ruang tunggunya juga diprioritaskan. Lansia duduk paling depan, jadi ada tempat duduk yang khusus untuk lansia,” tuturnya.

Dikatakannya, pelayanan di apotek Puskesmas Arjuno pun juga memprioritaskan untuk melayani lansia terlebih dahulu. Seperti, membedakan warna kartu khusus untuk lansia, agar mendapatkan pelayanan terlebih dahulu.

“Seperti di Apotek juga kami dahulukan lansia. Agar memudahkan para lansia, Kami beri kartu antrean warna kuning. Jadi walaupun tertumpuk dengan pasien lain, antrean yang warna kuning selalu kami dahulukan,” pungkasnya.(Hmz/Aka)