Hadrah Festival Semarakkan HUT Kota Batu

Semarak Festival Hadrah 2018. (Humas Pemkot Batu)

MALANGVOICE – Menyambut hari jadi ke -17 Kota Batu, pemerintah mengadakan lomba “Batu Hadrah Festival 2018” di pendopo Rumah Dinas Walikota Jalan Panglima Sudirman no.98, Rabu (10/10).

Kesenian hadrah merupakan salah satu kesenian khas islami yang mendapat tempat di hati umat Islam. Seni ‘terbang’ yang berirama menghentak, rancak, dan variatif membuat kesenian ini banyak digandrungi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Hadir pada acara ini Sekda Batu Zadim Effisiensi, beberapa pimpinan SOPD Kota Batu, serta 17 kelompok peserta lomba hadrah se-Kota Batu.

Dewanti memuji salah seorang personel grup hadrah. (Humas Pemkot Batu)

Dewanti mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dengan adanya kegiatan semacam ini bisa saling mengenal satu sama lain dan menimba ilmu dengan kelompok yang lain serta meningkatkan rasa persaudaraan diantara masyarakat Kota Batu.

“Saya sangat apresiasi kekompakan kelompok hadrah untuk selalu berkarya. Kami mewadahi kelompok hadrah unjuk kebolehan menyambut HUT Kota Batu. Selain itu mari kita semua saling mengenal dan mempererat tali persaudaraan sebagai sesama masyarakat Kota Batu,” kata Dewanti.

Ada 9 kategori dalam perlombaan hadrah yang berlangsung hingga sore. Mereka memperebutkan juara festival yaitu, Juara I, II, III, Juara Favorit, Busana Terbaik, Koreografi terbaik, serta Juara Harapan I, II, III.

Ibu-ibu peserta hadrah tampil kompak dengan kostum muslim menarik berwarna-warni namun tetap modus dan menjunjung nilai Islami. Senyum sumringah dan kelincahan permainan alat musik ‘terbang’ sangat menghibur penonton. (Hmz/Ulm)